Pasang Iklan Disini

https://2.bp.blogspot.com/-miLv7C2TGXQ/WUe1N3VMygI/AAAAAAAAAwk/m_x4mY1DOJkVU94XboHo4I5lSjeIfkcWwCLcBGAs/s1600/Benner.jpg

Rabu, 27 September 2017

Peringatan Keras Warga : Camat Bolo Cepat Bertindak

KM-BoloNews.top- Bukan pada pupuk saja yang mengalami kelangkaan, tapi hutan hutan yang bernilai sejarah pun mengalami kelangkaan akibat dampak pada tanaman jagung.

Seperti yang kita beritakan sekarang  ini  dimana sebuah  gunung bernama DORO IKU dengan luas lahan lebih kurang 280 Ha hanya meninggalkan potongan kayu yang berserahkan akibat pembalakan liar yang tak bertanggung jawab.

Berdasarkan informasi warga Desa Rato umumnya , DORO IKU adalah salah satu DORO  yang memiliki banyak tempat peninggalan sejarah pada jaman jajahan jepang atau bahasa bimanya jaman NIPO. Di antara salah satunya adalah sejumlah gua yang menjadi tempat persembuanyian warga bima untuk menyelamatkan diri (Dou Mbojo) dari kekejaman  jepang (NIPO).

Selain Gua sudah dianggap punah akibat terpengaruh pembalakan liar, juga sejumlah jenis kayu lain yang memiliki peran penting sebagai penyimpan cadangan mata air yang baik ketika musim hujan tiba air akan diserap dan disimpan dibawah akar akar pohon sehingga tidak menyebabkan banjir dan erosi tanah semuanya musnah  akibat ulah perbuatan manusia yang tak bertanggung jawab.


Dengan semua yang terjadi , DORO IKU kini terpandang dalam keadaan gundul dan hancur tak beraturan hanya karena untuk persiapan tanam jagung. Meski demikian  para warga rato hanya diam  saja,  namun untuk menghindari hal hal yang tidak dinginkan dikemuadian hari , tokoh- tokoh masyarakat  lebih awal telah memberikan peringatan keras kepada pihak Kecamatan untuk segera mengambil tindakan secepat mungkin sebelum dampak besar melanda warga Rato (Banjir Red). (004) 

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html